Selasa, 14 Juni 2011

Unique Facts About FIFA World Cup

Piala Dunia FIFA yang digelar setiap empat tahun sekali, terakhir kali pada tahun 2010 memang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh penggila sepakbola. Gaungnya begitu terasa sampai ke negara yang tidak ikut berkompetisi seperti Indonesia. Selama kurang lebih satu bulan, berita-berita mengenai Piala Dunia mewarnai media-media.

Tapi tahukah anda, siapakah pencetak gol pertama piala dunia, penerima kartu merah pertama, pemain termuda, dan fakta statistik lain mengenai Piala Dunia ? Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik mengenai Piala Dunia FIFA.

Piala Dunia pertama dilangsungkan di Uruguay pada tahun 1930. Gol pertama di Piala Dunia ini dicetak oleh pemain asal Prancis, Lucient Laurent di menit ke-19 dalam pertandingan kontra Mexico pada tanggal 13 Juli 1930. Sedangkan kartu merah pertama diterima oleh Carlos Caszely asal Chile di menit ke-67 dalam partai melawan Jerman Barat di Piala Dunia 1974. Pemain termuda yang berpartisipasi di gelaran Piala Dunia adalah pemain Irlandia Utara bernama Norman Whiteside yang diturunkan ketika timnya menghadapi Yugoslavia di Piala Dunia 1982. Umur Norman saat itu ialah 17 tahun 41 hari.

Tim yang mencetak gol terbanyak dalam satu gelaran Piala Dunia adalah Hungaria pada tahun 1954 dengan jumlah 27 gol. Hungaria lolos ke final namun dikalahkan Jerman Barat dengan skor 3-2. Sedangkan pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu gelaran Piala dunia adalah Juste Fontaine asal Prancis pada tahun 1958 dimana dia mencetak 13 gol hanya dalam 6 pertandingan. Pemain yang mencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan adalah pemain Rusia bernama Oleg Salenko yang mencetak 5 gol ke gawang Kamerun dalam gelaran Piala Dunia 1994. Uniknya, dalam piala dunia itu, ia hanya mencetak 6 gol yang berarti 83%dari seluruh golnya tercipta di pertandingan itu. Gol tercepat di Piala Dunia dibukukan oleh Hakan Sukur ketika melawan Korea Selatan dalam perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2002. Gol itu tercipta hanya 11 detik setelah peluit kick off dibunyikan. Yang menarik adalah gol ini juga merupakan gol pertama Sukur di gelaran Piala Dunia ini.

Statistik tim yang mencapai peringkat tertentu di Piala Dunia juga cukup unik. Brazil adalah negara yang memenangkan Piala Dunia terbanyak dengan 5 kali dan Brazil juga merupakan negara tersering yang berkompetisi di Piala dunia dengan 19 kali. Tim yang mencatatkan diri sebagai runner-up dan juara ketiga terbanyak adalah Jerman dengan 4 runner-up dan 4 juara ketiga. Jerman juga menjadi tim yang 2 kali berturut-turut sebagai runner-up bersama Belanda yang juga memiliki rekor dua kali dan Jerman juga menjadi tim yang mencatatkan rekor sebagai jura ketiga 2 kali berurut. Sedangkan jura 2 kali berturut-turut dibukukan oleh Italia dan Brazil. Peningkatan prestasi terbaik (tidak ikut pada Piala Dunia kemudian langsung menjadi juara pada Piala Dunia selanjutnya) diraih oleh Italia (1930–1934), Uruguay (1938–1950, Piala Dunia 1942 dan 1946 ditiadakan), Jerman Barat (1950–1954), Prancis (1994–1998).

Catatan buruk mengenai tim juga tidak kalah unik. Afrika Selatan merupakan tuan rumah terburuk dengan gagal dalam fase grup Piala Dunia 2010. Penurunan prestasi terburuk (juara pada Piala Dunia tetapi tidak ikut di Piala Dunia selanjutnya adalah Uruguay yang pada tahun 1930 menjadi juara dan 1934 tidak ikut. Tim yang paling sering lolos 16 besar tetapi gugur di fase 8 besar adalah Skotlandia dengan catatan 8 kali.

Rekor pertandingan di Piala Dunia juga masih menyimpan keunikan tersendiri. Pertandingan terbanyak dalam sejarah Piala Dunia dicatatkan Jerman dengan 99 pertandingan, juga kebobolan terbanyak dengan 117 gol, sedangkan Angola merupakan tim terbersih dengan membukukan 2 kali kebobolan. Brazil tampil memukau dengan mencetak kemenangan terbanyak (67) dan gol terbanyak (210). Kekalahan terbanyak diderita Mexico dengan 24 pertandingan dan hasil seri terbanyak dibukukan Italia dengan 21 pertandingan. Sedangkan negara yang tidak pernah menang terbanyak adalah Bolivia, El Salvador, Honduras dan Selandia Baru dengan 6 pertandingan tanpa kemenangan. 6 pertandingan juga dialami El Salvador dan Yunani untuk rekor tim yang selalu kebobolan dalam 6 partai berturut-turut.

Usia pemain juga merupakan sorotan dalam setiap gelaran Piala Dunia. Pemain termuda yang berpartisipasi adalah Norman Whiteside asal Irlandia Utara dengan usia 17 tahun 41 hari di Piala Dunia 1982. Pemain termuda yang diturunkan dalam partai final adalah Pele dari Brazil di Piala Dunia 1958 ketika melawan Swedia dengan umur 17 tahun 249 hari. Pemain tertua dibukukan oleh Roger Milla dengan umur 42 tahun 39 hari ketika Kamerun menghadapi Rusia di Piala Dunia 1990. Sedangkan pemain tertua yang ikut di Final Piala Dunia adalah Dino Zoff dengan usia 40 tahun 133 hari ketika Italia menghadapi Jerman di final 1982. Kapten tim termuda dicatatkan oleh Tony Meola yang menjadi kapten tim USA ketika menghadapi Ceko di Piala Dunia 1990 dengan usia 21 tahun 109 hari. Sedangkan Peter Shilton asal Inggris menjabat menjadi kapten tertua ketika menghadapi Italia juga di Piala Dunia 1990.

Untuk statistik unik dan menarik lainnya silahkan kunjungi http://en.wikipedia.org/wiki/FIFA_World_Cup_records  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar