Rabu, 15 Juni 2011

Khasiat Pisang Bagi Kesehatan Anda

Buah yang satu ini sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Buah Pisang memang mudah didapat, tidak mengenal musim dan harganya cukup terjangkau. Pisang juga mudah diolah dalam berbagi jenis makanan seperti pisang goreng hingga keripik pisang. Dibalik rasanya yang khas, pisang juga memiliki efek yang luar biasa bagi kesehatan.
pisang

Pisang mengandung kalori yang tinggi yaitu sekitar 136 kalori setiap 100 gram. Karbohidrat yang disediakan pisang lebih cepat diserap dibanding nasi atau roti. Karbohidrat instant itu bermanfaat untuk menghasilkan energi sesaat. Fruktosa di dalam pisang yang bisa diurai menjadi glukosa sangat penting untuk mengganti energi pada otak yang habis dalam kegiatan biologis. Oleh karena itu, banyak atlet yang mengonsumsi pisang sebelum dan saat jeda pertandingan. Mineral pisang juga cukup tinggi. Hampir 100% mineral ini khususnya besi, dapat diserap tubuh.

Efek lain dari pisang yang belum banyak diketahui adalah dapat membantu meningkatkan produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang mengatur ritme tubuh termasuk jam tidur. Dengan tidur cukup, tubuh manusia bisa memperbaiki dan mengganti energi yang banyak terbuang saat beraktifitas, merilekskan otot-otot yang lelah dan mengembalikan kesegaran dan konsentrasi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar