Jumat, 21 Januari 2011

The Miracle of Honey (Keajaiban Madu)

Madu adalah salah satu jenis bahan makanan yang berasal dari lebah. Rasa manisnya yang khas ditambah khasiatnya di bidang kesehatan menjadikan makanan/minuman ini cukup digemari. Tetapi dari manakah sebenarnya madu itu ? mengapa madu begitu berkhasiat ?

Madu berasal dari nektar bunga. Nektar adalah cairan kaya akan kandungan gula yang diproduksi bunga saat sedang mekar untuk menarik hewan-hewan penyerbuk, salah satunya lebah. Selanjutnya lebah-lebah pekerja yang mengisap nektar tadi mengumpulkannya menjadi madu.

Madu memang mempunyai banyak khasiat dan jenis-jenisnya. Jenisnya bisa dibedakan berdasarkan asal nektarnya. Yang paling populer adalah madu hutan yang berasal dari nektar bermacam-macam bunga. Selain itu, madu yang berasal dari bunga yang berbeda akan mempunyai spesialisasi khasiat yang berbeda. Misalnya untuk penyakit tertentu, digunakan madu tertentu yang lebih berkhasiat.

Yang lebih mengejutkan lagi, khasiat madu sebagi obat ini tercantum dalam al_Qur'an surah An-Nahl ayat 69 : "kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." Dalam surah ini disebutkan "madu yang bermacam-macam warnanya", kalimat ini bisa diartikan bahwa madu terbagi atas banyak jenis dan tiap jenis madu memiliki warna dan khasiat berbeda. Lalu dalam kalimat "terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia" kalimat ini menunjukkan madu memiliki khasiat obat. Hal sedetail ini sudah tercantum dalam kitab suci yang diturunkan lebih dari 14 abad yang lalu sebelum ada teknologi penelitian yang memadai. Hal ini sekali lagi menunjukkan bahwa Allah SWT Yang Maha Mengetahui yang mewahyukan Al-Qur'an dan jelas bukanlah karangan Nabi Muhammad SAW. Maha Suci Allah.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar