Kamis, 20 Oktober 2011

Ikan Predator Mati Tersedak

Sebuah berita yang cukup unik dan mengejutkan dilansir vivanews.com pada tanggal 20 Oktober 2011. Seekor ikan pike (esox lucius) ditemukan mati di permukaan tambak perikanan Suffolk, dalam kondisi lele seberat 1,3 kilogram terjebak di tenggorokannya. Diduga ia mati tersedak saat berusaha menelan mangsanya. Padahal, diketahui Pike tersebut telah berkeliaran di kolam tersebut sejak 10 tahun terakhir.

Pike fish
Ikan Pike sendiri dikenal sebagai ikan pemangsa yang memangsa apapun, serangga, ikan, katak, bahkan menelan bebek hidup-hidup.Sebagai predator teratas rantai makanan di lingkungannya, ikan Pike jarang menemukan lawan sepadan di air tawar.

Dr Bruno Broughton, penasihat ilimiah untuk Klub  Pike Anglers di Inggris mengatakan, Pike tersebut telah tersedak sampai mati. Sebab, lele mangsanya mencegah oksigen masuk ke insangnya. "Ikan Pike tak akan bisa bernafas. Ia makan, tapi tak bisa menelannya.

Broughton mengakui, kejadian seperti ini jarang. Sebab, biasanya Pike akan melepaskan ikan yang terlalu besar bagi mulutnya. "Pasti ada sesuatu dalam interaksi antara kedua ikan ini, yang menyebabkannya menjadi tersangkut seperti itu. Ini sangat jarang."

Sementara, David Walker, pemilik Hermitage Fisherie mengaku, ia mendapat peringatan tentang keberadaan 'ikan mengerikan' di dalam perairan.

Saat menyelidiki apa sebenarnya yang dimaksud, Walker mengaku terkejut. "Aku kaget melihat ikan besar degan kondisi tercekik ikan yang lebih keci," kata dia.

Secara terpisah, David Plampin, sekretaris kelompok pancing, Bury St Edmunds Angling mengatakan, insiden seperti itu nyaris tak pernah tedengar. "Pike diketahui memangsa bebek dan ikan seberat setengah kilogram, tak pernah mangsa sebesar itu," kata dia.

sumber berita http://dunia.vivanews.com/news/read/257228-rakus--ikan-besar-mati-saat-telan-lele#commentform

Tidak ada komentar:

Posting Komentar